Senin, 11 Maret 2013

Cerpen, My First Love Come Back



MY FIRST LOVE COME BACK

Hai kenalin nama gue Rikesya, temen-temen gue biasa manggil gue key, kata mereka gue itu cewe manja, feminin, dan mudah bergaul, yang selalu ceria dan bahagia, tapi engga semua yang mereka bilang benar, gue pernah ngerasain rasanya kesedihan dan kisah cinta gue engga selalu bahagia, itu semua karena gue punya cerita yang ngebuat gue sedih.
Waktu kelas 2 SMP gue pernah pacaran sama cowo namanya pandu tapi namanya masih dibawah umur, gue engga ngejalanin itu dengan serius gue masih anggap itu semua main-main jadi perasaan gue masih biasa aja sama Pandu, apalagi waktu itu gue beda kelas sama dia.
Hari ke 30 tepatnya 1 bulan hubungan gue sama pandu, dia nyuruh gue buat pulang bareng sama dia,
“Key, kamu di jemput ?”
“engga pandu, aku pulang sendiri”
“kamu pulang sama aku aja ya”
“hmm tapi rumah kita kan engga searah”
“udahlah ayooo” pandu narik tangan gue
hmm gue ngerasa ada perasaan yang aneh semenjak tangan gue di pegang sama Pandu, gue ngerasa ada perasaan nyaman waktu dideket dia, dan waktu dia nganterin gue pulang sekolah hati gue seneng banget, gue mulai berpikir kalau gue sayang sama pandu dan gue gamau kehilangan dia, hari-hari gue laluin sama dia hampir setiap hari gue selalu ketawa dan ga pernah sedih kalau ada dia disamping gue, gue mulai ngerasain cinta.
Singkat cerita 3 bulan berlalu dan gue masih pacaran sama pandu dan pagi ini dia mau jemput gue buat kesekolah bareng, hmm cowo perfect yang gue idam idamin bisa dibilang dia cinta pertama gue haha
15 menit kemudian..
“key.. key..” terdengar sayup-sayup suara pandu dari luar
“iya bentar yah aku pake sepatu dulu” jawabku
“oke”
          Sampai di motor gue ngeliat senyum kecil dari pandu yang aneh, gue ngerasa hari ini dia keliatan beda, di sepanjang jalan menuju sekolah dia diem aja engga kayak biasanya, ada apa sama pandu ? dalam hati kecil gue.
          Akhirnya kita sampai di sekolah, pandu nyuruh gue turun di taman sekolah sementara dia markir motor dulu, setelah dia markirin motornya dia nyamperin gue dan ngajak gue buat ke kelas.
“ayo aku anter ke kelas, key”
“ayo”
Engga ada ekspresi apa apa dari dia, engga kayak biasanya dia yang selalu bercanda di sepanjang jalan menuju kelas hari itu engga ada sama sekali, gue semakin bingung sama sikap dia hari itu.
Sesampainya di kelas gue, tiba-tiba dia nyentuh pipi gue dan terlihat sorot mata dia yang bersinar yang ngebuat gue bener bener gamau kehilangan dia,
“Pandu, kamu kenapa ? ga biasanya kamu kayak gini” tanya gue
Pandu engga ngejawab pertanyaan gue selama beberapa menit, itu bikin gue penasaran,
“Pandu.. pandu..” tanya gue lagi.
“key pulang sekolah aku mau bicara sama kamu ya” ucap pandu dengan senyuman kecil.
“i.. iya kamu kenapa sih ?” tanya gue heran.
“engga, kamu masuk kelas sana”
“yaudah deh, sampai ketemu nanti ya”
Pandu cuma membalas ucapan gue tadi dengan senyuman kecil dari bibirnya, dan itu semua ngebuat perasaan gue ga enak, ada apa sih sebenernya..
Bell pulang sekolah bunyi, dan gue inget sama kata-kata pandu yang bilang kalau dia mau ngomong, gue nunggu dia sambil duduk di kursi taman depan kelas gue, setelah 5 menit gue nunggu Pandu akhirnya dia datang, dia duduk di sebelah gue dan bilang,
“Key kamu buru-buru ga ?” tanya pandu
“enggak kok, emang kenapa ?” tanya gue balik
“kamu mau ikut aku ?”
“kemana ?”
“Aku mau ngajak kamu ke suatu tempat, engga jauh kok dari sini”
“yaudah, tapi jangan lama-lama yah aku takut di marahin mamah”
“iya sayang”
Waktu pandu bilang kata sayang jantung gue langsung mau copot, dia cowo pertama yang manggil gue sayang, gue bahagia dan seneng banget waktu itu, akhirnya gue sama dia pergi dari sekolah menuju suatu taman yang cantik, dia berhenti di tengah-tengah taman itu dan nyuruh gue buat turun,
“key kita udah sampe, kamu turun ya”
“oh oke”
“key kita duduk disitu yu”
“ayo”
Waktu kita sama-sama duduk di kursi panjang di taman itu perasaan gue mulai engga tenang, kayak ada sesuatu yang mengganjal dipikiran gue, tiba-tiba pandu ngucapin satu kata yang ngebuat gue melayang..
“Key aku sayang kamu, engga ada cewe lain yang bisa mengerti aku selalin kamu”
“aku juga sayang kamu pandu”
“key aku boleh minta sesuatu ?”
“minta apa ?”
“kamu harus selalu bahagia dan tersenyum, tanpa aku atau ada aku yah”
“maksud kamu apa ?”
“Key, kamu tau aku syang banget sama kamu tapi..”
“tapi apa pandu ?” perasaan gue semakin ga enak.
“aku minta maaf key, aku.. hmm aku..”
“kenapa pandu ? kenapa ?”
“aku mau pindah ke Bali besok sore” jawab pandu lirih
“apa ? kamu mau ninggalin aku pandu ?” tanya gue sambil nahan air mata yang mau keluar.
“aku ga pernah mau buat ninggalin kamu, tapi aku ga bisa berbuat apa-apa” pandu mulai ngeluarin air mata
“pandu....” air mata gue mulai keluar dan ga tertahankan, hati gue sakit untuk uang pertama kalinya.
“maafin aku key, aku sayang kamu” ucap pandu sambil meluk gue.
Di pelukan pandu gue ngerasa nyaman dan gue gamau pelukan itu lepas, gue baru ngerti gimana rasanya kehilangan orang yang gue sayang, dan dia cinta pertama gue..
Ke esokan harinya gue engga konsen buat belajar gara-gara mikirin pandu, gue masih sayang banget sama dia, dia yang ngajarin gue banyak hal 3 bulan yang bener-bener berarti tapi sekarang gue harus kehilangan dia, gue berniat pulang sekolah gue mau kerumah pandu buat ketemu sama dia untuk yang terakhir.
Bell pulang sekolah bunyi, gue cepet-cepet rapihin buku dan langsung pergi kerumah pandu, tapi sesampainya gue disana air mata gue netes deras, di depan rumahnya udah ada plang yang bilang kalau rumah itu dijual, dan rumah itu udah kosong ga berpenghuni, pandu dan keluarganya udah pergi.
“pandu pergi.. dia ga ngabarin gue” dalam hati gue.
Air mata yang begitu deras engga bisa gue tahan, rasa sakit dan kehilangan masih membekas sampai sekarang.
3 tahun kemudian setelah kejadian itu..
Hari ini hari yang melelahkan, biasalah gue sibuk gara-gara banyak tugas maklum sekarang gue udah 2 SMA, gue punya banyak teman disini, mereka semua baik, ramah dan mereka selalu bisa mengerti gue, selain teman gue juga punya pacar namanya Bian, dia sosok yang lumayan ganteng dan disukain sama banyak cewek, maklumlah dia itu ketua OSIS yang pefect.
Keesokan harinya sesampainya gue disekolah temen-temen gue langsung nyamperin gue di depan gerbang sekolah namanya herni dan felis, mereka berdua sahabat gue yang paling baik
Bell masuk bunyi dan kita mulai belajar di dalam kelas.
Beberapa jam kemudian bell pulang bunyi,
“key lo mau langsung balik ?” tanya herni
“emang kenapa ni?”
“gue mau minta temenin ke toko buku nih, felis ga bisa nemenin”
“oh, emang lo mau beli buku apa ?”
“itu loh karya gibran terbaru”
“oh, oke gue temenin”
“hah serius ?”
“Iya herniku sayang..”
“oke deh langsung yuk”
“sekarang ?”
“Ya iyalah key, gimana sih”
“Haha oke deh ayo”
Sesampainya gue di toko buku, gue nyuruh herni buat masuk duluan soalnya gue ribet markirin motor, sehabis gue markirin motor gue papasan dan engga sengaja nubruk seorang cowo yang baru keluar dari toko buku itu sampai buku belanjaannya jatoh, segera gue langsung nagmbilin buku dia dan minta maaf, tapi waktu gue ngeliat wajahnya serasa ga asing, gue ngerasa pernah ngeliat cowo itu, belum sempet gue nanya cowo itu langsung pergi gue rasa dia buru-buru, ah udah deh lupain aja mungkin cuma perasaan gue, pikir gue dalem hati.
“eh kemana aja lo, markir motor lama banget” keluh herni
“hehe maap ni tadi ada accident dikit hehe”
“huh dasar”
“udah ketemu bukunya ?”
“udah nih, ada yang mau lo beli ga ?” tanya herni
“engga, koleksi buku gue masih banyak yang belum gue baca dirumah hehe”
“yaudah langsung ke kasir aja yuk”
“yaudah oke”
Sehabis nganterin herni pulang, gue langsung balik kerumah, sesampainya di rumah gue jadi keingetan cowo yang tadi ketemu di book store , gue masih penasaran siapa sih sebenernya cowo itu, sambil penasaran gue masuk ke kamar gue dan tiba-tiba mata gue tertuju ke kotak kusam yang ada diatas lemari gue, gue lupa apa isi kotaknya akhirnya gue ambil kotak itu dan gue liat isinya, ternyata kotak itu berisi foto-foto gue waktu SMP, foto-foto gue sama Pandu, waktu gue perhatiin foto pandu gue jadi inget cowo yang tadi, mirip banget sama Pandu, iya mirip banget atau jangan-jangan cowo yang tadi itu pandu tapi ga mungkin pandu kan ada di Bali, perasaan gue saat itu jadi serba salah tapi gue berharap banget cowo yang tadi itu Pandu.
Keesokkan harinya gue pergi sekolah pake motor kesayangan gue, dan sesampainya gue disekolah seperti biasa herni dan felis nyamperin gue,
“pagi key..” serentak herni dan felis
“pagi jugaa..”
“eh lo mau denger gosip ga?” tanya felis
“haduh gosip apa sih ?” tanya gue
“soal murid baru”kata herni
“murid baru ? emang ada murid baru ?” tanya gue
“ada key katanya sih dia pindahan dari Bali ganteng lagi ?
“hah bali ???” gue terkejut
“kenapa lo? Biasa aja kali kagetnya”ucap felis
“hmm gapapa, eh ke kelas yuk udah mau bell nih”
“ayo ayo..”
Bell masuk sekolah akhirnya bunyi, semua murid-murid masuk ke kelas..
“Assalamualaikum anak-anak” salam Ibu Rina (guru gue)
“wa’alaikum sallam wr.wb” jawab anak-anak
“Hari ini kita kedatangan murid baru pindahan dari Bali, perlakukan dia dengan baik ya anak-anak” ucap bu rina
“iyaa bu..”
“nak, sini masuk perkenalkan nama kamu” ucap bu rina pada murid baru itu
Pas murid baru itu masuk, gue serasa ga percaya ternyata murid baru itu cowo yang ketemu gue di book store kemarin, dan dia cowo yang mirip pandu apa ini kebetulan atau takdir gue gatau tepatnya apa, yang pasti gue ngerasa hati gue yang dulu udah layu karena kepergian pandu sekarang mekar lagi setelah ngeliat cowo itu..
“Pagi semua..”sapa cowo itu
“pagi..”
“perkenalkan nama saya Pandu putra bastian saya pindahan dari Bali”
Sontak gue terkejut dan kaget bukan main, dia bener-bener pandu, pandu cinta pertama gue, pandu pacar gue waktu di SMP dia bener-bener disini, seketika air mata gue jatuh karena terharu,
“key kamu kenapa ?”tanya bu rina
“hmm gapapa bu kelilipan”
“kamu duduk sendiri ?”
“iya bu, zumi engga masuk”
“oh yasudah kalau gitu pandu duduk sama kamu ya, Pandu kamu duduk di sebelah key ya, di sebelah sana”
“key bu ?” tanya pandu (pandu seperti kaget mendengar nama ku)
“iya, namanya key silahkan duduk pandu, oh iya anak-anak hari ini ibu ada rapat sampai jam istirahat, jadi tolong kalian jangan ribut ya !” ucap bu rina
Akhirnya pandu Cuma naro tas di samping gue dan dia keluar lagi, gue penasaran sama dia, dia itu mantan gue yang dulu atau bukan, gue ikutin dia keluar tapi pas di luar gue kehilangan jejak dia, jadi gue duduk di di taman sekolah gue dengan mata yang berkaca-kaca , tiba-tiba ada cowo yang nyamperin dan itu pandu.
“hai..” sapa pandu
“hai..” sapa gue sambil sedikit terharu
“lo kenapa ? lo nangis ?” tanya pandu
“lo pandu yang pernah SMP di SMPN 1 kan ? tanya gue
“iya gue pernah sekolah disana, lo juga pernah sekolah disana ? boleh tau nama lengkap lo ?” tanya pandu
“Pandu... aku kangen sama kamu, kamu kemana aja ga pernah ngabarin aku, aku rikesya, kamu ingat ?” tanya gue
“rikesya ? kamu rikesya ?”
“iya pandu.. aku key..”
“ya ampun, aku selalu mikirin kamu disana, aku berharap banget bisa ketemu kamu lagi setelah aku pindah lagi kesini, foto kamu masih aku simpen key”
“aku juga kangen banget sama kamu pandu, foto kamu juga masih aku simpen, aku bahagia banget bisa ketemu kamu lagi”
“key aku bener-bener ga percaya kita bisa ketemu lagi, aku bener-bener seneng banget key, kamu apa kabar ? kamu baik-baik aja kan disini?”
“iya pandu, aku baik-baik aja disini aku selalu berdo’a supaya kamu bisa kembali kesini, dan ternyata allah mendengar semua do’a aku”
“iya key allah juga mendengar semua do’a ku supaya kamu baik-baik aja disini”
Pertemuan itu ngebuat gue dan pandu jadi deket lagi, kita mengenang masalalu kita yang dulu kita lewatin bersama, sepulang sekolah pandu ngajakin gue ke taman yang waktu itu jadi tempat terakhir gue ketemu sama dia.
Beberapa jam kemudian bell pulang sekolah dibunyikan.
“eh key ternyata lo udah kenal sama pandu ?” “key pandu siapa lo?” ”key lo kok deket sama pandu?” “key pandu pacar lo?” pertanyaan demi pertanyaan dari temen-temen gue bikin kepala gue pusing, gue bilang aja “pandu itu mantan gue di SMP gue putus sama dia gara-gara dia mau pindah ke Bali” “oooooohh”jawab temen-temen gue serentak dan mereka bergegas pulang.
“key, jadi kan ?” tanya pandu
“oke jadi dong”
“yaudah ayo”
Di sepanjang perjalanan hati gue ga karuan gue bener-bener seneng bukan main, akhirnya gue bisa ketemu sama pandu dan pergi ke taman itu lagi, pandu narik tangan gue dan di sepanjang jalan dia pegang tangan gue, gue ngerasain kenyaman itu lagi.
Sesampainya di taman itu,
“key kita udah sampai, ayo turun”
“iya pandu”
“key aku ga bisa berkata-kata lagi aku bener-bener bahagia ketemu kamu”
“apa yang kamu rasain itu sama persis kaya apa yang aku rasain pandu”
“key aku boleh nanya ?”
“nanya apa ?”
“kamu udah punya pengganti aku?”
Gue kaget sekaligus bingung mau jawab apa, gue sampai lupa kalau gue punya bian dan gue ga ngabarin bian kalau gue pergi sama pandu, yaampun..
“key kenapa diem aja ? udah punya yah?” tanya pandu lagi
“semenjaak kepergian kamu aku jadi sering murung pandu sampai akhirnya aku ketemu bian, dia ketua OSIS di sekolah kita, dan dia udah bikin aku jadi engga sedih lagi”
Pandu terdiam dan akhirnya dia ngajak gue buat pulang,
“yaudah kita pulang ya, aku takut cowo kamu marah”
“tapi... yaudah deh” (dalam hati gue, gue masih pengen ngabisin waktu berdua sama Pandu, tapi bener kata pandu)
Keesokkan harinya waktu gue masuk kekelas felis nyamperin gue dan bilang,
“Key.. lo tau ga ada gosip loh” tanya felis
“Gosip apaan lagi ? pagi-pagi udah ngegosip aja lo” jawab gue
“eh ini tentang cowo lo si bian” kata felis
 “hah bian ? kenapa dia?” tanya gue
“gue ngeliat bian jalan sama Vanya anak IX.5 kemaren” kata felis
“hah, salah liat kali lo, masa sih ?” ucap gue
“beneran, nih gue punya foto-foto mesra mereka” herni nunjukkin Hp nya
Sontak gue kaget dan ga percaya ngeliat foto-foto bian dan vanya di HP felis, mereka mesra banget, saat itu juga gue langsung nyamperin bian ke kelasnya.
“heh, hebat lo ya !!” sambil mukul meja dimana bian duduk (agak sakit sih tangan gue hehe )
“kamu kenapa sih, yang ?”
“gausah manggil gue sayang, dasar cowo gatau diri !!”
“maksudnya apa sih ?”
“gausah pura-pura bego dan sok polos deh, mulai sekarang kita putus !!”
“heh, gue juga udah muak sama lo dasar cewek manja!!”
“apa lo bilang ? cewe manja ? (ga sengaja gue refleks nampar pipi bian) tuh tamparan dari cewe manja” ucap gue
Bian hanya diem dan engga ngelakuin apa-apa, mungkin dia kesakitan pas gue tampar, gue langsung pergi ninggalin bian sambil nangis, saat itu pandu baru dateng dan pas gue mau masuk ke kelas gue papasan sama pandu,
“key kamu kenapa nangis ?” tanya pandu
“nanti aku ceritain yah pulang sekolah”
“yaudah kamu tenangin diri kamu dulu yah, ayo masuk ke kelas”.
======
Bell pulang pun bunyi gue sama pandu langsung pergi ke taman favourit kita berdua dan disana gue ceritain semuanya tentang bian, pandu ngerangkul gue dan dia ngucapin satu kata yang bikin hati gue tenang banget,
“key aku sayang kamu, aku gamau kehilangan kamu lagi, dan aku janji aku akan selalu ngejaga kamu”
“pandu..” gue terharu.
Dan akhirnya gue sama pandu balikan lagi, hari-hari gue sekarang terasa lengkap dan bahagia banget karena ada pandu yang setia sama gue, setahun berlalu sekarang gue kelas 3 pandu tetap sama, tetap sayang sama gue seperti dulu waktu gue sama dia pertama kali pacaran...

-TAMAT-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar